Sebelum membahas Apa itu Tuhan kita bahas dulu, Mengapa Tuhan ada? bagaimana kalau Tuhan tidak ada? dan Bagaimana cara kita menemukan Tuhan? Akhirnya Apa gunanya Tuhan? Pendekatan ini dari sisi praktis, yang disukai oleh Habe dan Kimhook, tidak perlu teori big bang atau evolusi Darwin.

Mengapa Tuhan ada?

Pada awalnya Manusia bersikap primitive, mereka hidup tanpa budaya tanpa norma, pokoknya bebas, mau telanjang, mau teriak, mau sex sama kambing bebas, silahkan. Apa akibatnya? Manusia dipenuhi oleh ketakutan. Efek dari kekurangan budaya, adalah ketakutan, fear. Takur Vampire, terakhir takut dengan Krismon. Apa itu Krismon? Karena kekurangan pengetahuan, dibilang bahwa Krismon itu arwahnya JK yang gentayangan menyedot uang seperti tuyul, pokoknya uang hilang. Akhirnya? Bunuh diri… ini Banyak di Korea. mereka putus asa, uang tabungan sebesar biaya hidup 30 tahun hilang gara-gara Krisis Global. Kalau ini arwahnya George Bush.

Tuhan ada untuk menyelamatkan Manusia.

Contohnya, kejadian banjir bandang topan badai Katrina di new Orleans. Orang-orang berkumpul di Dome. Setelah 30 hari tanpa supplai makanan dan obat-obatan, apa yang terjadi? Mereka bunuh-bunuhan. Karena frustasi, karena nervous, karena nafsu ingin menguasai, karena rasa dendam, karena benci, akhirnya rakyat jumahnya 2,000 orang bunuh-bunuhan. Tidak ada Tuhan.

Mengapa Tuhan ada?

Tuhan ada untuk mencegah terjadinya chaos ala New Oleans. Ketika rakyat India saling bunuh-bunuhan antara Islam melawan Hindu, seorang bapak bertanya kepada Mahatma. Bagaimana caranya masuk Surga? Sedangkan dia sudah membunuh sekeluarga muslim… Dia tidak mungkin masuk Surga, oleh karena itu, dia bertanya bagaimana caranya masuk surga?

Mahatma mengatakan, kalau kamu mau masuk surga, peliharalah anak muslim, sebagai muslim.

Kejadian pembunuhan jutaan orang di India bisa dicegah oleh satu orang Mahatma. Apa artinya Mahatma? Yang Agung.

Yang memiliki Spiritualisme tertinggi. Yang menyelamatkan.

Dia mendekatkan diri kepada Tuhan.

Hanya dibutuhkan iman satu orang untuk menyelamatkan kekacauan sedunia.

Tuhan mengatakan bahwa kecuali seseorang jatuh ke lembah dunia yang paling dalam, maka dia tidak akan menemukan Tuhan.

Bagaimana cara kita menemukan Tuhan?

Tuhan hanya ada pada waktu kita berserah. Kalau anda menghadapi masalah yang terlalu berat, maka bayangkan seseorang yang paling menderita, yang paling miskin, maka anda akan menemukan jalan keselamatan.

Pintu menuju Tuhan adalah Pintu Iba, tumbuhkan rasa iba dari anda, kalau masih kesulitan, gunakan langkah puasa. Puasa yang paling baik adalah puasa berbicara. Kalau tidak, maka anda semakin kemaruk, kemaruk harta, kemaruk wanita, dan kemaruk kekuasaan.

Tuhan adalah Sang penyelamat.

salam,
Goen