Mei 98 – Melawan Lupa

kerusuhan-mei-1998 Pada tanggal 13 Mei 1998 saya berada di Cengkareng,tidak bisa pulang. Sekitar jam 18.00 sebenarnya saya sudah diingatkan agar tidak lewat jalan itu, tapi saya nekat. Benar saja, di Jl. Daan Mogot banyak massa. Saya lihat ada mobil dicegat massa. Akhirnya saya balik, mobil saya tinggal, ngasih uang Rp 15.000. Kemudian saya naik ojek ke jl. Peta. Saya kemudian naik mikrolet. Sampai di perempatan Cengkareng kendaraan distop massa,penumpang disuruh turun. Kaca mobil dipecah-pecahin. Bapak-bapak kemudian bilang “Ayoh, ibu-ibu ke sini”. Kita kemudian dikurung. Orang makin banyak,berdatangan dari berbagai penjuru. Toko-toko sudah tutup, mulai ada kebakaran. Sebelum gelap datang mobil taft yang juga distop massa. Ada yang bilang “Ada cinanya nggak?” Saya melihat seorang gadis ditarik dari mobil dan berteriak-teriak “Mama, Mama”. …

Kisah selanjutnya di Kesaksian Kasus Perkosaan Mei 1998
mei98

“Mau tahu yang buat peristiwa ini sangat membekas dan berarti untuk saya? Saat sobat saya diperlakukan seperti pelacur, seorang lagi coba berbuat hal yg sama terhadap saya. Tahu kalian apa yg dikatakan sobat saya.. padahal dia sedang dalam kesakitan? Dia teriak panggil nama saya yang saat itu dalam keadaan menangis berontak? Dia teriak: Lepasin dia…dia..muslim!!” Selanjutnya bisa dibaca di MakanHati: Kisah saya dan Lina – Mei 98

Bela Kusumah: Jangan Lupakan Peristiwa Berdarah Mei 98

Saya melihat tumpukkan mayat yang mati terbakar di sebuah toko serba ada dan saya sempat menolong seorang perempuan korban pemerkosaan “ Demikian pengakuan seorang ibu yang saya wawancarai di sebuah kantor NGO di Jakarta bulan Juni tahun 1998. Seorang juru kamera dari reporter TV Eropah menyorot “close up” wajah wanita yang matanya basah sambil memotong pertanyaan yang saya ajukan

m98-19

Skenario, Modus Operandi, dan Kronologis Kerusuhan Mei 1998

Rasa-rasanya hidup di negeri ini sudah tidak aman lagi. Nyawa kita bisa saja suatu saat hilang sebagai tumbal dari kepentingan politik dari orang-orang tertentu. Ini karena negara tidak memberikan jaminan hak hidup kepada warganya.

m98-18

Wiro: Siapa dalang Peristiwa Mei 98? Bagian I

“Ada kontradiksi kalau mengingat peristiwa Mei 98. Satu sisi kejadian traumatis itu maunya dilupakan saja. Terlalu gelap. Sisi lain, peristiwa itu harus selalu digaungkan, supaya bangsa ini, -yang terkenal mudah lupa, diingatkan terus dan juga supaya kelak tidak terulang lagi kejadian yang sama”

TERUNGKAPNYA MISTERI KERUSUHAN MEI 1998 DAN HUBUNGANNYA DENGAN AKTOR SUKSESI JOKOWI

“Karena kondisi sudah mendesak bagi Benny Moerdani, kakak beradik Wanandi dan CSIS sehingga mereka memutuskan untuk mempercepat pelaksanaan kejatuhan Presiden Soeharto memakai rencana yang pernah didiskusikan di rumah Fahmi Idris pada akhir tahun 1980an yaitu kerusuhan rasial. Adapun metode kerusuhan akan meniru Malari yang dilakukan oleh Ali Moertopo dan Soedjono Hoemardani dengan diperbantukan Sofyan Wanandi yang mendanai GUPPI, yaitu massa yang menunggangi demo mahasiswa UI demi menggulingkan Jenderal Soemitro.”

HH Samosir: Siapa dalang Peristiwa Mei 98? Bagian II

“Mundur beberapa selang kebelakang ada istilah “Ruwat nasional” yang dicanangkan Cendana merupakan indikasi, hanya saja Soe tidak tahu secara jelas siapa dan kelompok mana yang mengeluarkan jurus duluan. Karena saat itu masing masing mengeluarkan jurus “sambil tertawa menancapkan pisau” ala Ji Lay Hud (Buddha muka tertawa).”

Satu lagi – tudingan ke Wiranto:

mei 98 wiranto

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=1201044989922401&set=gm.900740736682141&type=1&theater

Ernest JK Wen: Kenangan Mei 98 – Melawan Lupa

14-05-1998, Kamis (malam). Malam itu sungguh mencekam. Penjarahan memang belum sampai di Tomang Utara, tetapi di mana-mana asap hitam membubung menambah kotor langit Jakarta. Menurut berita dari radio dan satu-satunya stasiun TV yang menyiarkan langsung, daerah Daan Mogot sudah dijarah dan di bumi hanguskan masa.
Kami berusaha tidur dan belum terlalu khawatir, sebab kerusuhan yang berujung penjarahan sudah pernah terjadi sebelumnya. Barangkali kali ini juga akan dapat dipadamkan aparat keamanan? Yang tidak kami ketahui adalah bahwa kali ini tidak ada yang namanya aparat keamanan yang seharusnya menjaga keamanan warga.

Laksmi: May 98 Flash Back, a Personal Note

“Yes, they’re burning the buildings on the main roads, but they are not coming in here. We are in the safest neighborhood. Almost all of us are inlanders, dark brown-skin people. We only have few Chinese here.”

m98-17

G Suryana: Mei 98 & Penyelesaian Hukumnya

Didalam berjalannya sejarah Indonesia, bisa dibilang kerusuhan menjadi hal yang lumrah, baik di era penjajahan Belanda, Jepang maupun sesudah merdeka, dan kerusuhan sepertinya hanya menjadi sebuah tragedi yang tidak perlu di usut sebab dan solusinya.

Singo: Tragedi Memilukan 13-15 MEI ’98.

Pembiaran yang dilakukan penguasa saat mereka menjadi KORBAN penjarahan yang terorganisir,sangat MENYAKITKAN sanubari mereka,pembiaran ini menyadarkannya bahwa etnis Tionghoa TIDAK DIANGGAP SEBAGAI BANGSA INDONESIA,padahal sejak kecil mereka dijejalin doktrin2 agar MENCINTAI tanah tumpah darahnya Indonesia.

m98-16

Soe Tjen Marching: Tragedi Mei & Tak Perlunya Rasa Maaf

Bangsa ini terlalu malas untuk memikirkan apakah bangsa ini akan lebih sakit nantinya. Mereka lebih memilih jalan pintas yang gampang. Bahkan bila seorang pejabat tinggi telah terbukti berbuat kriminal, seringkali yang dituntut dari rakyat adalah permintaan maaf. Bukankah ini pula yang terjadi pada Suharto, yang bertanggung jawab atas pembunuhan masal, mutilasi dan penculikan jutaan rakyat tak berdosa? Para pejabat beramai-ramai menyarankan agar rakyat memaafkan “beliau”? Juga Amien Rais sempat mendorong rakyat untuk memaafkan Suharto.

m98-13

Berbagai komentar tentang Mei 98 di Apakabar

saya kira ada dua kejadian penting di bulan Mei itu. kerusuhan & prosesi penyerahan kekuasaan suharto ke si cepot habibi. soal kerusuhan saya sepakat jangan sampe kejadian lagi. bosen, dari masa ke masa rusuh terus. apa lagi sampe bakar2an segala…. tapi kalo soal penguasa serakah lengser, saya kira perlu di-lembagakan. cuman mungkin caranya gak perlu pake rusuh segala. proses penggusuran gus dur, misalnya contoh penggusuran penguasa serakan yang sedikit lebih bagus dari cara melengserkan suharto. walopun kita
tahu keserakahan geng-nya gusdur “sebelas-dua belas” (beda2 tipis) sama suharto & his kroni, tapi nyatanya nuntun si buta supaya keluar dari istana gak perlu demo segala….

Louisa Tuhatu: Gerakan mahasiswa 1998 vs 2008

Hal ini sangat jauh berbeda dengan kondisi di tahun 1998. Saat itu gerakan mahasiswa terasa lebih inklusif. Dari kantor saya di kawasan Kemang saya rela bergabung dengan mereka di Sudirman dan Senayan. Masyarakat dengan sukacita membawakan makanan dan obat-obatan untuk mahasisa di berbagai kampus. Mahasiswa tidak bergerak sendiri dan membiarkan masyarakat menjadi penonton. Mahasiswa bergerak bersama masyarakat.

May 98 – Report of the Special Rapporteur on violence against women,

None of the victims with whom the Special Rapporteur spoke had reported their cases to the police. The reasons for this were manifold. Firstly, they had received death threats and anonymous letters warning them not to report the cases. Secondly, they had no confidence in the criminal justice system and were convinced that the police would not do anything to bring the miscreants to trial. Finally, they were afraid that the publicity would result in their being ostracized in their community, where rape carries with it a stigma that is hard to erase. The lack of confidence of the victims in the criminal justice system strikes at the heart of the integrity of the institutions that defend the rule of law. It is important that these institutions regain the confidence of this important element of Indonesian society.

m98-3

Jojo Rahardjo: Pusi Esai Denny JA

Waktu itu usianya dua puluh dua
Terpaksa kabur dari Indonesia, negeri kelahirannya
Setelah diperkosa segerombolan orang
Tahun 1998, dalam sebuah huru-hara

Wiro: Karikatur Mei 98

MJ: puisi Mei

di suatu mall di tengah kota
rakyat tak bersalah diajar durhaka
diajak menjarah menguras harta
tetapi mereka hanyalah dianggap sepotong benda
yang akan dipanggang sebagai tumbal bagi penguasa

tragedimei-98

Terkait:

Hari ini 17 tahun lalu di Grogol

TrenSosial: Di mana Anda ketika kerusuhan Mei 1998? – BBC

Selamat Tinggal Ingatan

BBC Indonesia – Indonesia – Peringatan 12 Mei 1998

BBC Indonesia – Mei 1998: Di mana Anda

May 1998 riots of Indonesia – Wikipedia, the free encyclopedia

Korban kekerasan seksual Kerusuhan Mei 98 masih bungkam

Keywords: kerusuhan Mei 98, kerusuhan rasial, anti cina, gambar dan foto Mei 98, jatuhnya Suharto, reformasi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s