Sebuah email (Sent: Thursday, August 24, 2006 9:18 AM Subject: [HKSIS] Fw: Kenangan Soekarno) berasal dari sadewa48 yang belum saya kenal sebelumnya telah dikirim kepada saya dengan isi sebagai berikut:Anwari Doel Arnowo – Sabtu, 17 Januari 2009 – 10:34:02 AM

"Bapak Anwari Arnowo,

Perkenalkan, saat ini saya sedang menulis buku tentang Bung Karno, termasuk kenangan terakhir di saat disekap di Istana Bogor dan Wisma Jasso. Saya menyusun buku tersebut atas saran Bapak Abdoel Sjoekoer, (sekarang usia 83 tahun) arek Jawa Timur kawan akrab Cak Roes yang pernah ikut berjuang dalam Perang Kemerdekaan I dan II di Jatim, serta pernah mengatakan bahwa beliau kenal dengan Bapak Doel Arnowo. Kalau boleh, mohon dapat diberi copy surat Bung Karno yang Bapak sebutkan ("He arek-arekku leksanakan ajaranku") yang saya kira itu ditulis tangan untuk melengkapi isi buku saya itu. Kisah yang Bapak tulis juga akan saya petik, bila Bapak mengizinkan. Sebelumnya saya sudah menulis buku berjudul BUNG KARNO, NASIONALISME dan DEMOKRASI. Terima kasih atas perhatiannya dan mengharap jawabannya bila Bapak berkenan.

Salam,

HD. Haryo Sasongko (mantan wartawan, penulis)"

Email ini saya jawab dan sejak itu banyak email antara Depok, Bogor dengan saya yang berada di Toronto, Kanada. Setelah beberapa kali email dari saya mengenai koreksi atas draft yang diajukannya, saya menerima khabar bahwa dia mengalami kesukaran karena masalah pembiayaan yang tidak dapat disediakan dananya seperti yang telah dijanjikan kepadanya oleh sponsornya. Saya hanya menjawab bahwa kalau nanti bukunya berhasil diterbitkan saya akan membeli sebanyak 15 (lima belas) buah. Itu telah terjadi dan saya kirimkan kepada beberapa teman dan saudara, meskipun saya sendiri baru membacanya sekitar beberapa minggu kemudian karena pengirimannya ke Kanada memakan waktu yang lama sekali.

Dia juga meminta saya agar mau dan bersedia membantunya untuk memuatkan tulisan-tulisannya di superkoran, saya bantu sebagaimana semestinya dengan memberikan nama admin http://www.superkoran.info

Hari ini 17 Januari 2009, dua jam yang lalu, sekitar pukul 08:00 pagi saya buka sebuah posting di salah satu Milis, memberitakan masalah meninggalnya mas Haryo ini. Meskipun saya tidak terlalu terkejut, karena dalam salah satu emailnya, almarhum telah menceritakan kondisi fisiknya yang rendah, mobilitasnya terbatas, dari hanya posisi duduk dan berbaring saja, karena penyakit-penyakit yang dideritanya. Dia juga bercerita bahwa penghasilannya tidak besar, menurut istilah dia: cukup untuk membeli teh manis. Meskipun dia menderita secara fisik dia masih bersemangat sekali menggunakan software dan memory tanknya yang terlihat bekerja terus. Hal ini dapat ditengarai kalau anda mengikuti tulisan-tulisan almarhum, yang antara lain di media kita ini http://www.superkoran.info/ . Bila anda klik menekan namanya dengan code haryo sasongko atau sadewa di kolom SEARCH dan menekan ENTER maka akan ada tampilan EXACT PHRASE, klik di situ. Selanjutnya akan tampil segala sesuatu mengenai tulisan almarhum, dari judul sampai komentar-komentar yang diterimanya. Ada sekitar 42 buah yang ditulis oleh almarhum dan mengenai dia di http://www.superkoran.info .

Dalam pengumuman mengenai 10 artikel yang paling banyak dibaca di tahun 2008 yang baru lalu
(Main Page/Kolom tengah) …paling populer adalah rekaman video dari YouTube. Sisanya diambil oleh tokoh tokoh kita yaitu: …. Haryo Sasongko, Anwari, Habe, Matkopling, Darwin Bahar (2x), Barry Kusuma dan Ron Suparmo alm R…

Almarhum menempati urutan nomor 1 dan selebihnya sebanyak 9 tulisan-tulisan serta video dihasilkan atas posting yang lain.

Ada yang baik menurun ke putrinya yang belajar di Univerditas Indonesia di Depok, yang juga telah menulis di superkoran dan menggunakan email address ayahnya sadewa48, akan tetapi ada juga yang menggunakan namanya sendiri seruni, yang kebetulan juga amat mirip dengan nama salah satu anak perempuan saya.

Itulah kenangan yang bisa saya kemukakan, diantara semua masukan yang saya miliki.

Anwari Doel Arnowo – Sabtu, 17 Januari 2009 11:27:08