Diambil pupuh-pupuh dari Babad Tanah Jawa 
yang berkaitan dengan riwayat Sunan Kalijaga
Diterjemahkan oleh :Damar Shashangka

21.

Datan dangu katingalan, Cahya Pêthak anêlahi, parêk lan Cahya katiga, Syeh Malaya matur malih, Cahya punapa kari, parêk lan cahya katêlu, Jêng Nabi lon ngandika, Mbok ana kang sira pilih, Syeh Malaya ature dahat tan arsa.

Tak berapa lama kemudai terlihat, cahaya putih sangat cemerlang, mendekat kearah tiga cahaya yang dulu, Syeh Malaya bertanya, Cahaya apakah yang terakhir, dan mendekat kearah ketiga cahaya yang lain? Jeng Nabi (Kidlir) pelan menjawab, Pilihlah salah satu, Syeh Malaya menjawab tidak mau.

22.

Yen tan kalawan pitêdah, Ngandika Jêng Nabi Kilir, Kabeh cahya iku tunggal, kacatur aneng sireki, ya padha ananeki, mêmarah akarya dudu, kang rupa Cahya Abang, atuduh napsu kang bêcik, nganakake penginan panasbaranan.

Jikalau tidak diberi petunjuk jelas, Berkata Jeng Nabi Kilir (Khidlir), Semua cahaya itu sesungguhnya satu kesatuan, keempat-empatnya berada didalam dirimu, semua ada pada dirimu, mendorong perbuatan yang tidak baik (maupun yang baik), yang berwarna merah, mendorong keinginan yang baik, tapi juga bisa mendorong keinginan yang keras dan angkara. (Cahaya Merah lambang Perasaan, Ahamkara dalam bahasa Sanskerta, Nafs Amarah dalam istilah Tassawuf dan Getih dalam istilah Kejawen) 

23.

Ambantoni kaelingan, ing kawaspadaning buddhi, dene Cahya kang Akrêsna, karsane ngubungi runtik, andêdawa andadi, pangadhang panggawe ayu, dene kang Cahya Jênar, nanggulang cipta kang bêcik, sayêktine ngêgungken pênggawe rusak.

Membantu awas, serta kewaspadaan Buddhi (Kesadaran), sedangkan Cahaya yang berwarna Hitam, mendorong keinginan untuk bingung, ragu-ragu dan tercekam, penghalang perbuatan positif, sedangkan Cahaya Kuning, mendorong kreatifitas, akan tetapi juga menyebabkan pikiran yang aneh-aneh. (Cahaya Hitam lambang Ingatan yang berisi segala hal trauma negative maupun kenangan-kenangan positif, Citta dalam bahasa Sanskerta, Nafs Luwwamah dalam istilah Tassawuf dan Puser dalam istilah Kejawen, sedangkan Cahaya Kuning lambang Pikiran, Manah dalam bahasa Sanskerta, Nafs Sufiyyah dalam istilah Tassawuf dan Adhi Ari-Ari dalam istilah Kejawen.) 

24.

Ingkang Putih iku nyata, mung suci tan ika iki, grawira ing karaharjan, iku kang bisa nampani, sasmita kang kalingling, sêjatining rupa iku, anampani nugraha, lêstari pamoring kapti, nanging iku kinrubut napsu têtiga.

(Cahaya) putih itu nyata, mendorong kearah ke-suci-an, cenderung tenteram, hanya cahaya ini yang mampu menerima petunjuk rahasia, itulah sesunggguhnya wujud/rupa (kesadaran) yang kamu pakai sekarang, yang bisa menerima anugerah, yang mampu memancarkan pamornya kepribadian positif, akan tetapi (cahaya putih) dilingkupi tiga cahaya yang lain. (Cahaya Putih lambang Kesadaran, Buddhi dalam bahasa Sanskerta, Nafs Mutmainnah dalam istilah Tassawuf dan Kakang Kawah dalam istilah Kejawen.) 

25.

Yen kurang sabar santosa, kêna ginuling ing Bêlis, kerut marang panasbaran, yen kuwat tan mindho kardi, kasor dening kang Putih, kang têlu samya angratu, Luwamah lan Amarah, Supiyah ginendhong batin, Mutmainah jumênêng Ratu Utama.

Manakala tidak bisa teguh dan penuh kesabaran, akan terbawa oleh godaan Iblis (ketiga cahaya yang lain), (Kesadaran/Buddhi/Nafs Mutmainnah) akan terikut kepada perbuatan yang salah, namun jika tetap kuat, ketiga cahaya yang lain akan terkalahkan oleh Cahaya Putih, ketiga yang lain akan mengabdi, Luwwamah (Cahaya Hitam) dan Amarah ( Cahaya Merah), Sufiyyah (Cahaya Kuning) mampu dikuasai dalam relung batin (Cahaya Putih/ Nafs Mutmainnah), dan Mutmainnah akan bertahta sebagai Ratu Utama (dalam dirimu). 

26.

Kalêgan raosing driya, Syeh Malaya anganggêpi, tuduhing Sang Maha Yoga, Marbudyengrat Nabi Kilir, nulya ngandika malih, Heh Syeh Malaya sireku, paran pambudinira, êndi kang sira antêbi, wahanane kang cahya patang prakara.

Puas didalam hati, Syeh Malaya menerima, petunjuk Sang Maha Yoga, Yang penuh Kesadaran diseluruh Semesta Nabi Kilir (Kidlir), lantas berkata lagi (kepada Syeh Malaya), Hai Syeh Malaya, bagaimanakah menurut kesadaran-mu, mana yang kamu pilih, diantara keempat Cahaya ini? 

27.

Umatur Sang Syeh Malaya, Punapa sampun ngidaki, punika têlênging para, tela kinen amêmilih, Ngandika Nabi Kilir, Sayêkti punika durung, lagi aneng Tresandha, Syeh Malaya matur malih, Sewu sisip ken anampik amiliha.

Sang Syeh Malaya menjawab, Apakah ini sudah mencapai, pusat kesejatian, sehingga saya dituntut untuk memilih? Berkata Nabi Kilir (Kidlir), Sungguh ini belum. Masih di alam Tresandha (Alam Suksma), Syeh Malaya bertanya lagi, Mohon maaf saya menolak untuk memilih. 

28.

Mindhak anggêgadhang lêpat, pan kawula sewu ajrih, yen botên saking pitêdah, Lajêng alêlampah malih, Syeh Malaya ningali, Urub Siji angênguwung, Wêwolu kênyarira, Ora lir pêputran gadhing, Wêneh kadya ana pêputran mutyara.

Hanya akan memperbesar kesalahan, hamba sangat takut, jika tidak mendapatkan petunjuk. Lantas berjalan lagi, Syeh Malaya melihat, Urub Siji (Nyala Satu) yang berpijar, ada delapan cahaya, namun memancarkan warna gadhing (jernih), dan lagi ditengah terlihat bagaikan Mutiara. 

29.

Dumêling abra markata, Syeh Malaya matur malih, Punika Urub punapa, maya-maya angêbati, Urub-e mung sawiji, andarbeni cahyo wolu, Nabi Kilir ngandika, Pangarêp Urub-ing Buddhi, iya iku kang Sêjati Wenang Tunggal.

Berpendar menyala-nyala silau, Syeh Malaya bertanya kembali, Nyala apakah ini? Berpijar mengagumkan, Nyalanya hanya satu warna, tapi berasal dari delapan warna, Nabi Kilir (Kidlir) menjawab, Pangarep Urubing Buddhi (Pusat Nyala Kesadaran), inilah yang Sejati Wenang Tunggal (yang Sesungguhnya Berhak Menyatu dengan Atma/Ruh) – (Inilah Pusat Nafs Mutmainnah/Buddhi/Kesadaran. Yang berhak menyatu dengan Ruh/Atma dan Allah/Brahman. Ingat ayat : Ya ayyatuhan Nafsul Muthmainnah, Irji’I illa Rabbiki radliyatam mardliyah = Wahai Jiwa Yang Tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan rela dan diridlai.) 

30.

Tegese saliring warna, iya aneng sira kaki, tuwin isining pratala, ginambar aneng ing dhiri, Jagad Agung myang Cilik, tan ana prabedanipun, purwaning catur yoga, kang cahya kapat pan sami, iya dadi tandha uriping bawana.

Seluruh warna (delapan warna itu), ada didalam Kesadaran-mu anakku, menggambarkan isi semesta, Jagad Agung (Macrocosmic) hingga Jagad Cilik (Microcosmic), sungguh tak ada beda, termasuk empat jalan awal tadi, yaitu empat cahaya, adalah lambang seluruh kehidupan didunia. 

31.

Tinimbangkên aneng sira, Jagad Agung Jagad Cilik, isen-isene tan beda, kinarya wahana yêkti, salir rupa wus anis, ngumpul mring rupa satuhu, kadya tawon gumana, sawang putran mutyara di, Cahyanira kumilat tanpa wayangan.

Semua tergambar pada dirimu, Jagad Agung dan Jagad Cilik, isinya tiada beda, sebagai pertanda sejati, seluruh cahaya delapan sudah ada, berkumpul menyatu kepada wujud sejati, yang bagaikan bentuk kumbang menggantung, berpijar bagai mutiara indah, yang bercahaya tanpa bayangan (yaitu yang ada dipusat cahaya delapan tersebut) 

32.

Syeh Malaya matur nêmbah, Dhuh Sang Maha Yogi Suci, punapa inggih punika, kang pinrih dipun ulati, Rupa ingkang Sejati, Nabi Kilir ngandika rum, Dudu kang sira sêdya, kang mumpuni Ambêg Jati, ora kêna kalamun winaspadakna.

Syeh Malaya menghaturkan sembah dan bertanya, Duh Sang Maha Yogi, apakah ini, yang menjadi pusat pencarian spiritual, yaitu Wujud Sejati itu? Nabi Kilir (Kidlir) menjawab pelan, Bukan yang kamu cari, yang Maha Unggul Dalam Kesejatian, tidak bisa dilihat dengan mata kasar maupun mata batin. 

33.

Tanpa rupa tanpa warna, nanging bisa amarnani, Tan gatra Datan satmata, Tan dumunung nggon sawiji, Dumununge kalingling, Kang awas waskitheng sêmu, Mêpêki isining rat, Narambahi ing dumadi, Kahanane yen dinumuk datan kêna.

Tanpa Bentuk Tanpa Warna, akan tetapi bisa memberikan warna seiri dunia, Tak Berwujud dan tak terlihat, Tidak bertempat tinggal disuatu tempat, Berada dimana-mana, Yang Maha Sadar, Memenuhi semesta, meliputi seluruh makhluk, Keberadaannya jika dipegang tidak bisa. 

34.

Umatur Sang Syeh Malaya, Dhuh Pukulun Sang Maha Ning, Ulun nyuwun tuduh nyata, dene dereng anggêpoki, Nugraha kang sayêkti, Nabi Kilir ngandika rum, Heh kaki Syeh Malaya, ingsun pêpajar samangkin, den-a rencang pamucunge ing pangancam.

Berkata Sang Syeh Malaya, Duh Pukulun Yang sudah Jernih, hamba muhon petunjuk yang nyata, karena belum menemukan, Anugerah Sejati. Nabi Kilir berkata pelan, Hai anakku Syeh Malaya, akan aku tunjukkan sekarang juga, waspada-lah dan bersiap-siaplah dengan sungguh-sungguh. 

(Bersambung)

(23 Juni 2010, by Damar Shashangka)