Salah Nonton? Kening bebek sempat berkerut ketika ada satu-dua berita yang menulis bahwa salah satu alasan keberatan terhadap film "2012" adalah karena ada adegan masjid rubuh:

 

Cuplikan artikel detik.com: "PCNU Kediri: Film 2012 Mendiskreditkan Islam"

Hal ini disampaikan Penasehat PCNU Kota Kediri KH.Anwar Iskandar atau akrab disapa Gus War. Meski belum melihat secara langsung film 2012, Gus War menganggap film tersebut tidak patut dipertontonkan, karena dikhawatirkan akan merusak pola fikir manusia, khususnya umat Islam.

Terlebih, dijelaskan oleh Gus War, dalam salah satu adegan film 2012 terdapat sebuah penyataan yang menyebut seluruh manusia akan meninggal saat kiamat datang, kecuali bagi mereka yang memilih menyelamatkan diri dengan masuk ke dalam gereja.

"Kalau memang informasi yang saya dapat ini benar, cerita film itu kan sangat mendiskreditkan Islam. Bahkan sangat mungkin bukan hanya Islam yang tersakiti, karena disana disebutkan mereka akan mati kalau tidak masuk gereja," jelas Gus War, saat dikonfirmasi detiksurabaya.com melalui telepon selulernya, Selasa (17/11/2009).

===========================================

Artikel okezone.com (Perhatikan juga kalau okezone.com lagi-lagi menggunakan pola kalimat di mana seakan-akan yang keberatan adalah MUI sebagai lembaga): "MUI: Ada Tiga Kontroversi dalam Film 2012"

===========================================

Selasa, 17 November 2009 – 12:07 wib

Syukri Rahmatullah – Okezone

JAKARTA – Film 2012 yang digembar-gemborkan menggambarkan mengenai kiamat, menjadi kontroversial. Dalam kacamata Majelis Ulama Indonesia (MUI), setidaknya ada tiga poin kontroversi di dalam film tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Amidan saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Selasa (17/11/2009).

Pertama, para ulama tidak setuju jika hari kiamat divisualisasikan. Kedua, hari kiamat dalam versi Islam itu tidak ada yang selamat. "Tidak sama seperti yang digambarkan di dalam film tersebut," katanya.

Dia melanjutkan, dalam ajaran agama Islam tidak ada yang bisa memprediksi datangnya hari kiamat. Tidak seperti yang diramalkan akan datang tahun 2012. "Itu rahasia tuhan, hanya Dia yang tahu," katanya.

Yang ketiga, jangan sampai ada propaganda untuk mendeskreditkan agama tertentu melalui film ini. Karena, menurut Amidan di dalam film tersebut digambarkan masjid runtuh, akan tetapi ketika manusia masuk gereja selamat.

"Seharusnya LSF memotong yang bagian masjid itu, jangan ditampilkan. Karena kalau gereja selamat, itu kan wajar karena dibuatnya di Hollywood. Jika di Indonesia kan Masjid. Misalnya bencana tsunami di Aceh, masjid selamat itu kan real ," pungkasnya.

Karenanya, dia mengimbau kepada masyarakat bahwa bagaimana pun film 2012 hanyalah fiksi belaka dan bukan kenyataan, sebagaimana yang digembar-gemborkan. "Kiamat adalah rahasia Allah," pungkasnya. (uky)

=======================================

Hm… Kalau benar ada adegan masjid rubuh (dan yang masuk gereja selamat), kayanya pasti banyak yang protes deh (Baca: Yang protes bukan cuma dari kalangan ulama, tapi juga dari orang-orang yang sudah menonton). Tapi kenapa orang-orang yang sudah menonton secara umum hepi-hepi aja? (Dilihat dari komentar-komentar di bawah berita yang bebek baca, mayoritas justru bingung dengan sikap beberapa ulama yang kontra).

Lalu, mata bebek terpaku di salah satu komentar yang tercantum di berita okezone.com di atas:

denny | 17.11.2009 17:18
wah sepertinya MUI salah nonton film 2012 nih..makanya jangan nonton yang bajakan..pasti yang ditonton 2012:doomsday nih..wakakakaka…beda kali sama yang di bioskop punya…kasian deh malu..muka ny mau taro dimana abis ini??

!!! Bebek langsung mencari info tentang film "2012:doomsday" dan ternyata memang benar ada!!

2012_doomsday

Ringkasan cerita yang dipasang di imdb: "On December 21, 2012 four strangers on a journey of faith are drawn to an ancient temple in the heart of Mexico. For the Mayans it is the last recorded day. For NASA scientists it is a cataclysmic polar shift. For the rest of us, it is Doomsday."

Dilihat dari rating imdbnya yang cuma 1.8 dari 10 dan komentar-komentar yang dipost, nih film kayanya benar-benar hancur lebur (Komen-komennya lucu-lucu):

If there's a god, protect us from this movie

=======================

I hope the makers of this movie are happy, they made me waste 1,5 hours of my life a left me puzzled with greatest question of all time: will there ever be a movie thats worse then this? I have to say I started watching this movie with skeptic thoughts in my mind, but not even in my worst nightmares would I have seen what was before me. The dialog is a waste of breath, they could have had "Band X" play random songs for 1,5 hours on top of the movie instead of the dialog and it would have made exactly the same amount of sense. The special effects are like from the 80-s, and even then they would have been below average, the acting is below zero. This movie was actually so bad it forced me to register to IMDb so I could rant about it so at least it achieved something good. The only time I could recommend spending time with this movie is … well lets face it: never.

=======================

Its a doomsday not for the all humankind but to the ill fated ones who are doomed to watch it. A real disaster starting from misguided storyline,dumb acting,pathetic dialogues and supreme bad direction. The dialogues are real crap. one is "The world is falling apart and so i want to know you are safe"..And the special effects reminds me of some late seventies movies .I mean some of them had much better effects. Starts with doomsday countdown of your patience and unlike the world's fate (saved of course by talking to god )u are out of any patience. Uff pathetic.. give me back my lost 90 minutes.. I am planning to invest in inventing time travel to get it back.. Never ever watch it..if u dare u will have your doomsday…

=======================

When i first started watching this movie I taught to myself "how bad can it be?! it will be at least a decent watchable movie .." . I was wrong .

This movie is just horrible . Everything in it is badly done , including the acting . I doubt there is one thing anyone will like about this movie . I can even say it is the worst movie I have seen in my entire life ! I have never rated a movie with 1 until now.

I just want to know : was this a low budget movie ? Because if it was I would somehow understand why I was put trough this horror of watching this movie . Special effects are like in the '50s , the acting is like of 10 year old kids , the attention to details is non existent , the background sound is probably from another movie . And this is only the stuff i can think about now .

I wouldn't recommend this movie to anyone , not even the people i hate .. If you think of watching this movie DON'T ! Skip directly to "Cloverfield" if you want to see a new good action movie . I know i should have done the same !

 

Kehadiran tentang bajakan film ini juga diberitakan oleh kompas.com di artikel "Hati-hati, Tertipu Film "2012" Bajakan Palsu". Dengan paragraf pembuka sebagai berikut:

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi anda yang ingin membeli VCD film 2012 bajakan, harus berhati-hati dan teliti sebelum membeli. Pasalnya, saat ini banyak beredar VCD maupun DVD bajakan 2012 palsu. Isi cerita dalam VCD bajakan itu berbeda dengan isi cerita film 2012 yang sedang beredar serentak di sejumlah gedung bioskop.

Seperti yang dialami Didik (26), tanpa disadari dia membeli VCD 2012 bajakan yang palsu. Saat mendatangi penjual VCD bajakan, dia ditawari tiga versi 2012, yang berjudul Doomsday, Supernova, dan 2012 dokumenter.

 

Wow!! Keren juga nih artikel!! Kesannya kok kaya tips membeli film bajakan dengan baik dan benar? =)) Untuk mengatakan film "2012" bajakan yang palsu rasanya kurang tepat. Film "2012:Doomsday" memang benar ada, hanya namanya saja yang mirip.

Setelah bebek nonton bagian akhir "2012:Doomsday" (cuma nyari bagian kiamatnya doang, sama sekali gak niat nonton setelah baca reviewnya yang bener-bener ancur) di website streaming (Screenshot adegan kiamatnya dapat dilihat di bagian III). Ternyata memang benar ada adegan "Dome of the Rock" yang runtuh (Atau disebut juga Kubah Sakhrah dalam Bahasa Indonesianya).

Sementara itu, detik.com yang masih "belum sadar" akan adanya film "2012:Doomsday" menambahkan informasi kalau adegan kubah runtuh yang dimaksud adalah Basilika Santo Petrus, Vatikan. (Adegan Basilika Santo Petrus ancur memang ditemukan di fim "2012"). Menambahkan kerancuan seakan-akan Ketua MUI (Amidhan) tidak bisa membedakan antara kubah gereja dan kubah masjid:

==========================

MUI Anggap '2012' Propaganda Agama Tertentu

Jakarta – Film garapan Roland Emmerich '2012' menampilkan kehancuran beberapa bangunan tempat ibadah. Majelis Ulama Indonesia pun menilai hal itu sebagai sebuah proganda agama tertentu.

"Film itu misi terselubung atau propaganda dari agama tertentu," ujar Amidhan, ketua MUI saat bincang-bincang dengan detikhot lewat telepon, Rabu (18/11/2009).

Amidhan mengungkapkan '2012' sebuah propaganda karena menampilkan visual bangunan yang mirip mesjid hancur. Sementara, di sisi lain bangunan gereja tidak dihancurkan oleh sang sutradara. Sekedar informasi, bangunan berkubah di film itu adalah St Peter's Basilica yang berada di Vatikan.

"Ada gambar kubah yang hancur," jelas Amidhan yang sudah menyaksikan langsung film tersebut.

Pernyataan Amidhan itu pun berlawanan dengan pengakuan sang sutradara Roland Emmerich. Dalam wawancaranya dengan Guardian beberapa waktu lalu, Roland mengaku tidak berani menghancurkan simbol agama Islam di film garapannya.

Awalnya sutradara asal Jerman itu memang berniat untuk menampilkan visual kehancuran simbol-simbol penting di dunia termasuk Ka'bah. Namun Roland mendapat peringatan dari penulis naskahnya kalau ia tidak bisa melakukannya dengan simbol agama Islam.

"Penulis naskah Harald Kloser bilang kalau kamu melakukannya pada simbol itu kamu bisa terkena fatwa," ujar Roland. (hkm/hkm)

=========================

Hm… … … Kayanya hampir pasti kalau para ulama yang protes keras itu salah menonton film. Bukannya menonton film "2012" di bioskop, tapi malah menonton film "2012:Doomsday" (Jangan-jangan para ulama tersebut "korban salah beli" film bajakan juga? =p ). Kalau dilihat dari judul dan ringkasan ceritanya, film "2012:Doomsday" memang berkisah tentang kiamat (Bedakan dengan film "2012" yang menceritakan tentang bencana besar).

Oh ya, tentang sembunyi di gereja. Ternyata ketua MUI Solo (yang kayanya juga korban salah nonton film) juga menyatakan bahwa ada perihal sembunyi di gereja supaya selamat. Berikut cuplikan artikel dari vivanews.com yang berjudul "Menkominfo: Pelarangan 2012 Tergantung MUI":

“Kami siap melarang, karena ada provokasi, yakni saat terjadi kekacauan dunia, film tersebut menganjurkannya untuk bersembunyi ke gereja-gereja,” kata Zaenal Abidin, Ketua MUI Solo pada VIVAnews, 17 November 2009. “Provokasi itu yang kita persoalkan, kalau soal animasi tidak jadi masalah,” ucapnya.

 

Apakah benar ada adegan sembunyi di gereja di film "2012:Doomsday"? Dari bagian akhir film yang bebek nonton, memang ada sekelompok orang yang selamat. Mereka bukan "bersembunyi" di bangunan gereja, tapi di Piramid Maya "Chichen-Itza", Mexico!!!

Mereka sedang menunggui salah satu wanita yang mau melahirkan di dalam piramid itu. Entah apa signifikannya proses melahirkan di dalam piramid dengan cerita kisah kiamat. Berhubung bebek gak nonton dari awal, jadi daku gak tau apa alasannya. Yang pasti waktu bayinya lahir, tiba-tiba proses kiamatnya seakan berhenti dan filmnya selesai (Gak jelaslah apaan ceritanya).

Catatan: Screenshot piramid ini bebek ubah brightness dan contrastnya supaya terlihat lebih jelas. 2012-doomsday-mexico-s

Berikut adalah gambar lain Chichen Itza hasil google image: chichen-itza

Dilihat dari manapun, kayanya model piramid di atas gak keliatan kaya tipe standar bangunan gereja. ^^;

Entah apakah ada ulama yang kontra dengan film 2012 sadar bahwa ada film "2012:Doomsday" dan mungkin mereka menonton film 2012 yang "salah".

Dan menjadi pertanyaan: Kalau ternyata benar mereka salah menonton, maukah mereka memberi klarifikasi ke media massa untuk meluruskan permasalahan kalau selama ini mereka mengomentari film yang salah?

Supaya orang-orang gak bingung terus gitu loh. Kan jadi resah…

=======================================

Beberapa screenshot film "2012:Doomsday" (tahun 2008).

Screenshot diambil dari sini. Adegan kiamat dimulai dari 1:15:30.

2012-doomsday-mexico-s
2 jam sebelum kiamat. Piramid tempat para tokoh utama berlindung saat kiamat terjadi
2012-doomsday-us-s
Tsunami di Pantai Barat Amerika
2012-doomsday-london-s
London hancur
2012-doomsday-jerusalem-s
Dome of the Rock runtuh
2012-doomsday-s
Bumi terbelah. Ini ceritanya gambar kota dilihat dari atas

 

 

Artikel asli bisa diakses di alamat http://www.bebekrewel.com/2012-2/ dan http://www.bebekrewel.com/2012-3/