TIM Verifikasi Independen Kasus Kematian David Hartanto Widjaja, menyampaikan  kepada  Saudara-Saudara rekan jurnalis, wartawan, blogger, citizen reporter, serta masyarakat luas, bahwa:
 
–         Persidangan koroner sudah sampai kepada titik akhir pada 25 Juni 2009, dan sidang berikutnya keputusan  pengadilan pada 29 Juli 2009. Di antara tenggang waktu tersebut Keluarga David, mahasiswa tingkat akhir di Electrical Electronic Engineering, Nanyang Technological University, Singapura yang meninggal pada 2 Maret 2009 itu, memasukkan Submission melalui lawyer pada 15 Juni ke pengadilan; keterangan tambahan sesuai dengan versi keluarga dan bahan-bahan verifikasi TIM.
 
–         TIM menilai, sesuai dengan verifikasi terakhir, termasuk keterangan Shashi Nathan, lawyer yang ditunjuk keluarga kepada OC. Kaligis – –  di mana TIM menjembatani keluarga dan  OC.Kaligis  memberikan supervisi hukum secara  pro bono – – nyata adanya kematian David sebuah konsprirasi, berbau politis.
 
–         Hukum dua ranah; berdasarkan fakta nyata, dan atau berdasarkan fakta di lantai persidangan, kini menabalkan kenyataan seluruh data-data digital yang dibawa penyedik ke pengadilan, terutama foto, video, hard disk laptop, memori hand phone, keseluruhan tanpa hashing data, yang diakui secara internasional dapat dipertanggung-jawabkan sebagai bukti.
 
Atas hal di atas, TIM  mengajak rekan   media, jurnalis, wartawan, blogger, citizen reporter, serta masyarakat luas, terus memverifikasi, mengawal kasus ini, agar kebenaran seutuhnya menjadi hak keluarga, menjadi martabat bangsa mengetahuinya; karena sosialisasi awal bahwa David menusuk professor, melukai nadi sendiri, melompat bunuh diri: dari keyataan luka benda tajam, menjadi  hanyalah isapan jempol belaka.
 
Demikian rilis ini kami buat, agar publik mengetahuinya.
 
Jakarta,  30 Juni 2009
Atas Nama TIM
Narliswandi Piliang