Tanyakan kepada Capres dan Cawapres: apa sikap mereka terhadap UU ITE.

 

Jangan pilih mereka yang menutup mulut kita! (karikatur: dari "Say No To RS OMNI Internasional Tangerang" Facebook)

Tanyakan kepada Capres dan Cawapres:

1. apa sikap mereka thd UU ITE terutama pasal 27

2. apa sikap mereka thd UU Porno

3. apa sikap mereka terhadap Lapindo dan korban Lapindo

4. apa sikap mereka thd penganiayaan thd Ahmadiyah

 http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/06/04/03091447/kebebasan.berpendapat.janganlah.direduksi

"Agus Sudibyo dari Yayasan Sains Estetika dan Teknologi serta Direktur Eksekutif Lembaga Bantuan Hukum Pers Hendrayana di Jakarta, Rabu, menuturkan, pemakaian UU ITE terkait dengan kasus Prita memosisikan Indonesia menjadi negara yang jauh lebih buruk daripada negara otoriter lain. Pemerintah dan DPR harus ikut bertanggung jawab lantaran menelurkan UU ITE yang mengancam kebebasan menyatakan pendapat dari warga negara.

"Aturan dalam UU ITE aneh. Jika di negara lain kan yang ingin diatur sebetulnya sebatas kejahatan internet (cyber crime), di Indonesia tujuannya malah ingin membatasi kebebasan informasi dan mengkriminalkan warga negaranya," ujar Agus.

Agus juga mengkritisi, proses pembahasan UU ITE di DPR pun terkesan sangat cepat dan tidak memberikan banyak kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan dan kritik. Padahal, ada kecenderungan kuat pemerintah memang selalu berusaha memasukkan aturan yang bertujuan membatasi akses masyarakat terhadap ranah informasi publik.

Agus khawatir UU ITE dimanfaatkan untuk mengkriminalkan warga negara mana saja yang sebetulnya hanya ingin menyuarakan hak berpendapat mereka. Kriminalisasi dicemaskan bakal semakin sering dilakukan, yang justru akan membuat persoalan semakin rumit.

Hendrayana juga menyayangkan upaya peninjauan kembali yang sebelumnya mereka tempuh bersama sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) kandas di Mahkamah Konstitusi (MK), yang menolak permohonan mereka pada Mei lalu. "Kami akan coba cari cara lain agar aturan UU ITE, terutama Pasal 27, direvisi," katanya. "