Setelah musik saya dengan beberapa komponis lain (Slamet A Sjukur, Michael Asmara, Doddy Satya and Paul Gutama) dirilis dalam album Asia Piano Avantgarde – Indonesia, beberapa guru musik sempat mengritik: "Soe Tjen kalau mengarang tidak pakai aturan!". Rupanya, mental P4 masih melekat pada banyak orang sehingga kalau ada warga Negara yang baik dan benar seharusnya juga ada komponis yang baik dan benar – yaitu yang ikut aturan. Padahal, dalam seni itu sendiri telah terjadi pemberontakan-pemberontakan luar biasa.

Mozart yang begitu dipuja oleh banyak pemusik atau pengamat musik,
sebenarnya adalah seorang pemberontak formalitas musik sebelumnya.
Musik Barok yang polifoni, dan yang membaurkan iringan dan melodi,
ditinggalkan begitu saja oleh Mozart. Sebaliknya melodi dan iringan
dapat dibedakan dengan lebih jelas dalam komposisi Mozart, dan ia
juga menggunakan harmoni yang berbeda dari jaman sebelumnya. Bila
Barok umumnya menggunakan harmoni kromatik, Mozart memakai diatonik.
Memang, salah satu hal terpenting dalam musik Mozart adalah peniadaan
akan sesuatu yang dianggap "suci" oleh para musikus pada jamannya.
Namun, yang terjadi sekarang adalah "penyucian" harmoni Mozart.
Bahkan, waktu saya baru saja mulai aktif mengarang lagu, seorang
musikus senior pernah menyarankan saya untuk berhenti mengarang dulu,
sebelum menguasai harmoni Mozart.

Seorang seniman yang terus menerus mempertanyakan aturan yang telah
ada, tidak akan diam pada suatu titik. Ia membawa perubahan, yang
mungkin tidak dapat diterima pada zamannya. Dalam proses berkarya, ia
akan mengejar sesuatu yang tak pernah selesai. Seorang komponis yang
merasa nyaman untuk diam pada suatu titik, tidak akan lagi mencipta,
namun meniru yang telah ada. Dan yang dihasilkan tidak jauh berbeda
dengan produksi masal. Seperti pesta-pesta pernikahan di hotel
berbintang yang digandrungi banyak orang, karena mereka tidak tahu
bagaimana caranya merayakan tanpa meniru yang ada sebelumnya.

Proses pencarian inilah yang membedakan van Gogh dari pelukis potret
yang mampu memuaskan kebutuhan narsistik para bangsawan dan orang-
orang kaya. Karena ia mempertanyakan kaedah-kaedah yang ada. Bahkan
bila perlu, ia bisa mempertanyakan diri sendiri. Inilah yang
dilakukan Mozart. Dalam komposisinya "A Musical Joke", dia seakan
menertawakan harmoni yang telah dibuat dalam musiknya sendiri.
Harmoni Mozart yang biasanya tonal, tiba-tiba menjadi hampir atonal
dalam karya yang satu ini!

Sayangnya masih banyak guru-guru musik yang begitu patuh pada
keharusan kompetisi, ujian, dan "go International". Begitu juga,
konser sebuah orkestra di Surabaya untuk menyambut Kemerdekaan
Indonesia, yang mengundang Wiranto sebagai bintang tamu. Mengapa?

Karena yang dipikirkan beberapa pemusik adalah bagaimana mendapat
restu pembesar dan masa (kalau perlu, keuntungan), bukan musik itu
sendiri. Sehingga seorang politikus yang lagi naik daun dapat
menjadi bintang tamu pada konser itu, bukan karena kemampuan dia
bernyanyi tapi karena pamornya sebagai selebriti.

Padahal memikirkan bunyi tanpa harus menghamba pada reputasi, adalah
sebuah tuntutan yang sudah amat sukar. Komponis tidak perlu mencari-
cari aturan lagi bila mereka telah dapat mendedikasikan diri pada
bunyi.

Dan musisi yang bertanggung jawab pada musik itu sendiri, pada bunyi
itu sendiri, tidak akan mendatangkan Wiranto. Karena pemusik seperti
ini memakai Wiranto sebagai alat untuk mengelabui media dan
masyarakat yang terkadang tidak banyak tahu akan musik.
Salah seorang komponis, Makoto Nomura (yang bersama Shin Nakagawa
baru saja mementaskan Momotaro di Jakarta, Yogya dan Surabaya) pernah
berkata pada saya: "Bila kamu mau menjadi komponis kelas dua,
patuhilah gurumu!"

Artinya, seniman yang manut pada orang lain hanya akan menjadi
seniman kelas kambing, bagaimanapun terkenalnya seniman tersebut.
Justru keterkenalan itu dapat berbahaya, karena membuat mereka merasa
telah menjadi "high class" dan bermutu.

Tetapi, terkadang belajar musik dimanipulasi sedemikian rupa sehingga
patuh pada peraturan menjadi paling penting. Dalam musik klasik, para
pemain seringkali hanyalah menjadi robot partitur – bagaimana mereka
dapat menjadi sepatuh mungkin pada tulisan-tulisan yang telah
tercetak. Bahkan sekarang robot-robot pembaca partitur sudah ada.
Malah terkadang bermain lebih bagus daripada manusia.

Padahal, pemusik yang tangguh adalah juga seorang pemikir yang mampu
mengubah hal-hal yang dianggap laten. Galileo adalah salah satunya.
Ketika masyarakat, penguasa dan petinggi Gereja pada jamannya
mempercayai bahwa mataharilah yang mengelilingi bumi, Galileo
menyatakan sebaliknya dan sempat dihukum karenanya.
Albert Einstein pernah berkata bahwa imajinasi jauh lebih penting
daripada pengetahuan. Dan imajinasi seseorang tak akan dapat
meloncat jauh tanpa kreatifitas. Einstein sendiri lebih suka disebut
sebagai seorang ahli filsafat daripada ilmuwan, karena filsafat jauh
lebih dekat pada seni dan kreatifitas, daripada ilmu eksakta yang
kaku.

Seni seharusnya mampu menggelorakan kreatifitas, yang mendorong
seseorang untuk berpikir dan mencari. Karena itulah kreatifitas
dapat menjadi momok bagi penguasa. Karena dengan mencari,
kreatifitas akhirnya mampu membawa manusia keluar dari pakem yang
ada.

Karenanya, seniman yang tangguh justru mempunyai nilai lebih, karena
ia biasanya juga pemikir yang hebat. Tapi, pemikir yang tangguh
tidak selalu dapat menjadi seniman yang hebat.

(Soe Tjen Marching, akademik & Komponis).