Active ImageSebuah email dengan subjek di atas masuk inbox dari seorang teman, isinya menarik, tentang Stella Award, sebuah penghargaan yang diberikan untuk gugatan paling "konyol" di AS. Mereka menang di pengadilan dan mendapat ganti rugi besar, padahal sesungguhnya „kecelakaan“ terjadi  justru karena ulah dan kekonyolannya sendiri.

 

Semula aku meragukan email ini, dan hampir masuk kategori HOAX. Karena penasaran, aku cek ke om wiki, ketemu juga istilah ini. Nama Stella diambil dari Stella Liebeck, seorang nenek berusia 81 tahun yang menumpahkan kopi panas yang dibelinya dari McDonald ke dirinya sendiri sehingga mengakibatkan dirinya terluka. Stella Liebeck kemudian menggugat McD dan dinyatakan menang. Kasus Liebeck inilah yang mengilhami pengacara AS mensponsori pemberian penghargaan ini.

Sampai di sini kebenaran email tersebut. Selebihnya, ada 7 kandidat kasus yang dinyatakan sebagai nominasi penerimaan Stella Award. Ke 7 kasus yang beredar bersama-sama email, yang aku yakin banyak pembaca sudah menerimanya, ternyata adalah kasus bogus/fake alias palsu. Kasus tersebut kemungkinan benar terjadi namun berita kemenangan di pengadilannya yang tidak benar. Bisa juga dua2nya yang tidak benar.

 

Bisa dicek di sini:http://www.stellaawards.com/bogus.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Stella_Award 

Inilah kehebatan para pembuat berita hoax sekarang ini, menggabungkan antara berita benar dengan berita bohong. Bahkan ada yang meyakinkan dengan photo, video dll. Ke 7 kasus „bogus“ yang menurut email tersebut merupakan kandidat untuk Stella award tahun ini adalah:

 

1. Kathleen Robertson dari Texas. Robertson memenangkan ganti rugi dari dewan juri sebesar $780.000 setelah ia menggugat sebuah toko furnitur. Robertson menggugat toko itu karena pergelangan kakinya patah setelah tersandung anak laki-laki yang berlarian di dalam toko tersebut. Pemilik toko furnitur sangat terkejut terhadap isi putusan tersebut, mengingat anak lelaki yang "badung" itu adalah anak kandung Robertson sendiri.

2. Carl Truman dari Los Angeles. Pria berusia 19 tahun ini memenangkan ganti rugi sebesar $74.000 dan biaya perawatan kesehatan setelah tetangganya melindas tangannya dengan Honda Accord. Truman tampaknya tidak menyadari bahwa tetangga pemilik Accord tersebut sedang berada di balik setir mobil itu ketika Truman berusaha mencuri velg mobil tersebut.

3. Terrence Dickson dari Bristol , Pennsylvania. Dickson sedang berusaha meninggalkan rumah yang baru saja ia rampok dengan melewati pintu garasi. Namun, ia tidak bisa membuat pintu garasi otomatis itu membuka ke atas karena pintu itu sedang rusak. Dickson juga tidak bisa kembali ke rumah itu. Karena ketika ia menutup pintu yang menghubungkan garasi dengan rumah, pintu itu terkunci secara otomatis. Karena keluarga pemilik rumah sedang berlibur, Dickson terkunci di garasi selama delapan hari dan bertahan hidup dengan meminum Pepsi dan sekantung besar makanan anjing yang ia temukan di garasi. Dickson–sang maling apes itu—menggugat asuransi pemilik rumah dan mengklaim bahwa kejadian itu mengakibatkan ia menderita gangguan mental yang hebat. Dewan juri sepakat untuk memberi Dickson $500.000.

4. Jerry Williams dari Little Rock , Arkansas . Ia memenangkan ganti rugi $14.500 dan biaya perawatan kesehatan setelah bokongnya digigit oleh anjing tetangga . Anjing itu sendiri terantai di teras tetangganya. Award tersebut layak untuk diberikan kepada Williams. Juri berpendapat bahwa anjing tersebut mungkin sedikit terpengaruh oleh tindakan William yang saat itu menembaki anjing itu dengan senapan angin berkali-kali.

 

5. Amber Carson dari Lancaster, Pennsylvania. Sebuah restoran di Philadelphia diperintahkan untuk membayar pada Carson sebesar $113.500 setelah ia terpeleset genangan minuman ringan yang menyebabkan tulang lengannya patah. Minuman itu bisa berada di lantai karena Carson melempar minuman itu pada pacarnya ketika bertengkar 30 menit sebelumnya.

 

6. Kara Walton dari Delaware. Walton sukses menggugat sebuah night club ketika ia terjatuh ke lantai dari jendela WC umum night club tersebut. Kejadian itu menyebabkan patahnya dua gigi depan Walton. Kejadian itu terjadi ketika ia mencoba menyelinap melalui jendela WC demi menghindari membayar cover charge sebesar $3.50. Ia dianugerahi ganti rugi sebesar AS$12.000 dan biaya perawatan gigi.

 

7. Merv Grazinsky dari Oklahoma City, yang menurut email berantai merupakan pemenang tahun 2007. Pada November 2001, Grazinsky membeli sebuah mobil caravan Winnebago sepanjang sekitar 9 meter. Dalam perjalanan pertamanya menuju rumah, ia melewati jalan tol, menyetel radio sambil menyetir dengan kecepatan pada 70 mph. Lalu dengan santai, Grazinsky meninggalkan kursi supir ke belakang untuk membuat secangkir kopi . Tidak mengherankan, kendaraan itu keluar dari jalan tol, menabrak, dan terguling. Grazinsky menggugat Winnebago karena tidak menyebutkan dalam buku petunjuk bahwa kendaraan itu tidak bisa melakukan hal tersebut . Ia mendapat ganti rugi sebesar $1.750.000 plus sebuah Winnebago baru . Akibat kasus ini, Winnebago akhirnya mengubah buku petunjuknya.

Ada 2 hal yang bisa dipelajari dari kasus ini:

1.        Bahwa perlindungan konsumen di negara seperti AS sudah sangat baik. Kasus2 yang bahkan tidak seharusnya menang, ternyata masih mempunyai peluang di pihak konsumen.

2.        Semakin mudahnya informasi beredar, kita harus semakin ber-hati2 dan jangan mudah percaya pada informasi begitu saja.

Salam,

wiro

03.01.2008