Jakarta 22 Desember 2007  Sewaktu saya masih kecil ayah saya selalu mengajarkan  cara hidup yang teratur serta bagaimana harus disiplin terhadap diri sendiri.

Tidur 8 jam, sekolah 8 jam dan bersantai di luar kedua kegiatan tadi 8 jam, hidup secara teratur dan disiplin. Saya pikir ini cara berfikir yang simpel tetapi menghasilkan pola hidup yang seimbang.
Begitu pula dengan alam, alam  selalu menuju ke arah yang seimbang, ada hujan ada panas, ada siang ada malam. Seringkali manusia sendiri berbuat yang tidak senonoh sehingga keseimbangan alam terganggu. Akibatnya timbul bencana alam seperti tanah longsor, banjir di mana-mana.

Dalam ilmu kedokteran Cina orang akan sehat apabila dalam  tubuhnya terdapat keseimbangan antara Yin dan Yang. Jika yang lebih dominan Yang (panas) maka ia akan terkena penyakit dengan sifat Yang, demikian pula sebaliknya dengan Yin (dingin). Menurut filosofi Cina ada 3 hal yang menengarai orang itu sehat yaitu enak tidur, enak makan  serta  enak defekasi ( buang air besar)
Jika salah  satu dari indikator sehat tadi terganggu kita akan merasa kurang nyaman.

Sehat pada hakekatnya adalah keseimbangan antara asupan dan keluaran. Asupan yang lebih banyak ketimbang keluaran mengakibatan badan tidak seimbang menjadi kegemukan, obesitas yang mengarah ke hipertensi, diabetes serta gangguan fungsi jantung.
Jadi seperti halnya alam, alam jika tidak seimbang akan menimbulkan bencana, demikian pula dengan tubuh kita, bilamana terjadi ketidakseimbangan dalam badan dan jiwa kita maka kita akan sakit.

Pada penyakit diabetes misalnya,  terjadi ketidakseimbangan fungsi insulin, sehingga kadar gula darah meningkat melebihi normal. Kadar gula yang tinggi atau dalam bahasa kedokterannya hiperglikemi akan mengakibatkan gangguan fungsi pada system yang lain seperti jantung, pembuluh darah retina, sistem syaraf terganggu dsb.
Diabetes selain memerlukan pengobatan yang teratur juga memerlukan keseimbangan antara pola makan dengan diet yang ketat, olah raga yang teratur serta keseimbangan emosional (Emosi memicu kadar gula darah meningkat).

Penyandang diabetes juga mengalami penurunan beberapa vitamin, mineral disertai meningkatnya kadar oksidan di dalam tubuh dengan demikian memerlukan asupan vitamin, mineral dan anti oksidan yang seimbang.  

Dalam dunia kedokteran terdapat istilah homeostatis, keseimbangan yang terjadi di dalam tubuh kita sehingga daya tahan kita menjadi kuat. Upaya menyehatkan tubuh ekivalen dengan  upaya kita untuk menyeimbangkan sistem tubuh kita.
Seimbang itu sehat, sehat itu seimbang !.