Gaji itu ada satuan waktunya. Per Satu Jam. Per Satu Hari. Per Satu Minggu. Per Satu Bulan. Tentu saja ada Per Satu Tahun.
Berapa gaji per satu jam seorang pekerja di Ontario, Kanada?

Satu tahun lalu angkanya sekitar hampir 8 Canadian Dollar. Banyak protes dan dinaikkan menjadi saat ini 8 plus sedikit. Protes tetap berlangsung dimana-mana dan yang dinilai layak adalah 10. Perhitungan yang rumit dikemukakan semua pihak untuk membela kepentingannya masing-masing. Pihak mana saja? Ada Partai, ada Serikat Sekerja, ada Lembaga Swadaya masyarakat dan ada Ekonom serta pakar bidang macam-macam dari unuversitas-universitas. Semua angkat bicara. Hasilnya?

Untuk hasilnya saya belum bisa angkat topi.

Masih sekitar delapan plus Canadian Dollar per Jam per Orang.

Kenapa saya masih belum bisa angkat topi?

Banyak ketimpangan, begini: satu tahun yang lalu gaji yang hampir delapan Canadian Dollar itu kalau dipotong pajak akan menjadi sekitar lima mendekati enam Dollar. Kalau seorang pekerja dapat giliran bekerja sehari selama delapan jam, maka dia akan menerima hari itu tidak lebih dari 50 Dollar. Biaya makan dan transport sudah sekitar lima belas sampai dua puluh dollar. Bagaimana kesehatan? Tidak dijamin Perusahaan. Bagaimana asuransi? Bayar sendiri.

Itu baru perhitungan sehari. Apa benar dia bisa bekerja setiap hari selama seminggu penuh, kan ada maximum jam per minggu? Saya tidak bisa memperkirakan. Lalu bagaimana nasib orang seperti ini? Banyak diantara mereka yang telah menjalani hidup seperti tu selama bertahun-tahun tanpa perbaikan.

Jangan kaget orang seperti ini banyak juga yang sudah bergelar Strata Dua atau Doktor di universitas di negerinya sendiri.

Gelar negeri lain tidak dianggap di Kanada, meskipun dua minggu lalu diangkat pejabat khusus yang akan menilai masalah kesetaraan pengakuan pendidikan asing.

Mereka hanya terlalu mempercayai gelar yang dikeluarkan di Kanada. Bahkan seorang dokter yang pernah dihargai di Rumah Sakit di Amerika Serikat, pulang di Kanada mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan hatinya di negerinya sendiri.

Yang mengejutkan saya adalah berita hari ini tangal 31 Maret di surat kabar, dimuat perkiraan gaji para petugas di pemerintahan sejak dari Polisi, Pengemudi Kendaraan Umum di TTC (Toronto Transit Corporation pengemudi subway, streecar dan bus), Guru dan Tukang Pipa (Plumbers). Bagi saya susah untuk berani mengatakan tidak setuju atau setuju sekalipun, karena mengingat tanggung jawabnya dinilai besar sekali. Gaji keempat golongan ini mencapai setidaknya CanDollar 100,000,– setahun. Jadi sekitar Delapan Ribu sebulan atau mungkin sekitar hampir tiga ratus CanDollar sehari. Golongan-golongan yang tersebut terakhir ini bertambah dengan significant selama tahun lalu 2006, karena ada kenaikan jumlah golongan mereka sebanyak 24% kalau dibandingkan dengan jumlah pada tahun 2005. Itu adalah golongan yang gajinya naik melampaui angka seratus ribu CanDollar setahunnya.

Sekarang setelah mengetahui “gaji golongan menengah” di Kanada ini, apakah anda ingin mengetahui berapa gaji gaji-gaji mereka yang berkedudukan tinggi di Pemerintahan Kanada?

Yang tinggi sekali yang saya peroleh datanya, adalah Hydro One Chief Executive Tom Parkinson yang dipecat pada tahun lalu, yang mencapai angka CanDollar 1,560,000.– (satu juta lima ratus enam puluh ribu Canadian Dollar) per satu tahun. Masyaallah.

Ini belum pesangon yang mencapai dua kali gajinya.

Gaji rekan sejawatnya, James Hankinson di Ontario Power Generation juga mencapai jumlah yang lumayan menyamai besarnya, yakni CanDollar 1,480,000.—(satu juta empat ratus delapan puluh ribu Canadian Dollar) setahun.

Dua-duanya sekitar CanDollar 120,000.– sebulan atau empat ribu dollar sehari

Tahun lalu dibuka dan diungkapkan secara detail mengenai seorang wanita asal Sri Langka yang memperoleh penghasilan sekitar CanDollar 1200 an sebulan, sedang dia harus membayar sewa rumahnya sebesar sekitar CanDollar 800 an lebih sebulan.

Padahal dia ini seorang Doktor (S-2) di Universitas di negerinya, yang terpaksa ditinggal suaminya karena dipecat dari pekerjaannya sebab cacat tangannya, karena kecelakaan kerja. Suaminya pulang kenegerinya dalam keadaan goncang jiwanya dan entah kembali atau tidak. Perempuan ini hidup bersama dua anak-anak kecilnya yang tidak bisa ditinggalkan karena undang-undang mengaturnya memang sedemikian rupa. Dia diberi oleh tetangganya bantuan makanan, uang dan penitipan kedua anaknya kalau ibunya bekerja pada malam hari pukul 22:00 sampai subuh membersihkan lantai dan wc umum di sebuah gedung condominium.

Anda tahu bahwa angka 1200 CanDollar bukan angka kecil bagi orang Indonesia. Sehari bisa makan sekitar RP.15.000,– saja. Cukup kenyang meskipun mungkin tidak bergizi. Itu sekitar CanDollar 2 (dua) saja. Tetapi di Canada semua sudah teratur dan undang-undang “tidak pandang bulu”. Saya tidakberani bilang tahu pasti, karena saya bukan pemerhati hukum di Kanada.

System O.H.I.P. (Ontario Health Insurance Plan) adalah Badan Pemerintah Ontario, yang menjamin kesehatan penduduknya, termasuk yang bukan warga negara Kanada. Jaminan tidak meliputi perawatan gigi dan mata. Tetapi jelas saya baca di salah satu bagian keterangannya, bahwa seorang dokter dilarang keras untuk menagih jasa pemeriksaan dokter kepada pemegang Kartu OHIP. Sekarang pertanyaannya berapakah seorang Dokter praktek menagih pemerintah Ontario atas jasanya melayani seorang pasien pemegang kartu OHIP.

Ternyata itu tergantung beberapa kategori yang saya belum tahu benar berapa. Tetapi saya dengar ada yang mencapai CanDollar 58 — satu jamnya, entah benar atau tidak saya belum tahu dengan tepat. Yang jelas seharusnya seorang dokter di Ontario mempunyai penghasilan yang lumayan besar karena tidak ada saya dengar keluhan dari mereka sama sekali.

Apalagi kalau dokter gigi swasta yang berpraktek sendiri.

Cabut gigi, pasang gigi dan merawat gigi bisa mencapai balas jasa yang ribuan CanDollar.

Sudah hampir satu tahun saya tinggal di Ontario dan saya sudah lima kali ke dokter. Memang alhamdulillah saya sehat sekali, sehingga saya tidak menerima resep dokter, yang banyak adalah nasihat bagaimana agar berperilaku sehat dan menjadi bugar. Isteri saya juga hanya satu kali mendapat resep untuk osteoporosisnya dengan obat yang diminum satu kali sehari selama sembilan bulan. Tambahannya hanya vitamin Kalsium 500, beli sendiri tanpa resep, dimanapun pasien mau. Resep ulang (tiga bulan sekali) tidak usah datang ke Dokter, tetapi langsung ke Apoteker dan sudah diatur memakai sarana komputer. Boleh ke Apotik sesuai yang dipilih istri saya. Tidak ada kolusi sedikitpun antara dokter, apoteker, pabrik obat dan Medical Detailer !!! Kapan yang seperti ini dinegara saya, Indonesia?

Ada lagi bonus: selaku seorang senior, lebih dari 65 tahun, saya berhak membeli resep apapun dari Dokter, hanya dengan membayar sebesar dua CanDollar saja, selebihnya dibayar oleh OHIP. OHIP memperoleh dananya dari rakyat, dari Pajak. Sebenarnya boleh dibilang malu juga dibayari oleh orang lain, akan tetapi systemnya dan undang-undangnya memang demikian. Jadi saya juga tidak terlalu mau sering ke dokter hanya untuk penyakit yang ceneng-cegeng saja. Malu saya!!

Biarpun sebagai seorang senior saya merasa dihargai oleh pemerintah Kanada, saya tidak akan menggunakannya dengan sewenang-wenang dan berlebihan fasilitas ini, karena dibayar oleh uang rakyat yang bekerja seperti diuraikan diatas. Di Indonesia saya sudah membayar Pajak, tetapi jadi tua begini, dibiarkan saja !!

Berapa gaji seorang Kepala Rumah Sakit di kota Toronto ? Biasanya gaji mereka sekitar CanDollar 500,000.– dan 700,000.–.

Gaji Tuan Jeffery Lozon dari St. Michael Hospital di Toronto adalah CanDollar 688,085.– dan Mary Jo Haddad dari The Hospital for Sick Children adalah can Dollar 563,061.– ini adalah sekitar 45,000.– sebulan atau sekitar 1,500.– sehari.

Sekarang mari kita “bicara”kan gaji kalangan yang lebih tinggi tingkatnya. Ini gaji dan tunjangan Walikota Toronto serta gaji para petinggi di Kanada, sampai yang tertiggi, Perdana Menteri.

Ini adalah gaji Walikota Toronto tahun 2007:

2007 salary and benefits

Salaries are fully taxable:   
Mayor: $160,000.00  
Councillor: $95,000.00 

Benefits

Extended Health Employer 100%
Life Insurance Employer 100% (2 times salary)
Dental Employer 100%
LTD Employer 100% (75% of salary)
OMERS pension plan Yes
Mileage 46 cents per kilometre

Yang dibawah ini saya kutip dari data tahun 2000 – 2001..

  • The premier of Ontario is paid a base salary of just over $82,000 annually.
  •  In 2000-2001, Premier Mike Harris was paid a salary of $61,860. 

Tahun ini? Saya belum memperolehnya tetapi pasti sudah naik.

Tuan Stephen Harper, yang Perdana Menteri Kanada, saya belum punya data yang fixed, tetapi perkiraan sesuai ingatan saja, hanya sekitar CanDollar 268,000.— setahun diluar fasilitas lain.

Seorang Perdana Menteri seperti dia sering mendapatkan dirinya rawan kritik, karena “kebijaksanaan”nya didalam memerintah. Perdana Menteri pernah datang ke Toronto dan pengawalnya menggunakan mobil seperti mobil Kijang, photo mobilnya sudah dipasang, dan komentarnya sudah seperti menghambur-hamburkan uang Rakyat. Menurut saya yang seperti itu, biasa saja. Di negara lain yang seperti itu bukan apa-apa.

Berapa gaji Presiden? Berikutnya saya kutip daftar gaji Presiden Amerika sejak tahun 1789 sampai sekarang dengan perbandingan kalau uang itu disetarakan dengan nilai USDollar pada tahun 2007. Jaman Presiden Bill Clinton gajinya USDollar 200,000,– plus fasilitas dan tunjangan.

Pada waktu pemerintahan George Walker Bush mulai berjalan gajinya dinaikkan secara drastis seperti tertera dibawah ini. Angka duaratus ribu berubah menjadi empatratus ribu USDollar setahun. Presiden Bush ini orang yang kaya raya, karena keluarganya juga amat kaya. Businessnya minyak dan karibnya sekarang adalah Raja Saudi.

Presidential pay history
Date established Salary Salary in 2007 
dollars
September 24, 1789 $25,000 $531,000 (1789)
March 3, 1873 $50,000 $811,000 (1873)
March 4, 1909 $75,000 $1,607,000 (1909)
January 19, 1949 $100,000 $820,000 (1949)
January 20, 1969 $200,000 $1,067,000 (1969)
January 20, 2001 $400,000 $441,000 (2001)
     

Bagaimanapun semua budget seperti ini kan disetujui DPR nya?

Saya dulu pernah melihat data, pada sekitar lima belas tahun lalu, bahwa gaji tertinggi dari Presiden dan Kepala Pemerintahan di dunia adalah di Singapura yang mencapai USDollar 750,000.—

Tentu saja ini tidak termasuk Kepala Pemerintahan yang Monarki seperti Ratu Elizabeth II atau raja dan ratu lainnya.

Sangat menggelitik hati saya untuk tahu berapa gaji Sultan Bolkiah dari Brunei, apalagi hasil bagiannya yang sah dari penghasilan minyak yang ditambang oleh perusahaan raksasa yang mempunyai nama binatang kecil: SHELL. Kita semua tahu dia pernah memiliki mobil yang jumlahnya duaratus buah atau lebih. Mobil-mobil itu bukan yang biasa ada didalam showroom mobil. Saya baca di Fortune atau Time, ada mobil yang dipesan khusus dari pabrik, karena sang Sultan melihatnya dari mainan match box (?). Mobil-mobil itu disimpan dibagian bawah istananya dan diatur udaranya agar mobil tidak terkena karat. Entah kebenarannya.

Gaji kecil, bagaimana pendapatannya dari hasil sampingannya?

Tanya pejabat-pejabat di Indonesia. Bupati? Gubernur?

Rasanya kok lebih ngeri saya …… Wallahualam