Tahukah anda bahwa cholesterol itu disebabkan oleh dua  hal: makanan dan keluarga? Dari makanan hampir semua  orang sudah mengetahuinya; semua daging hewani, susu  murni dan kuning telur. Tetapi apakah cholesterol itu?  

Cholesterol adalah sebuah zat yang halus dan licin seperti  lilin yang terdapat dalam lemak yang ada didalam darah  yang mengalir didalam pembuluh-pembuluh diseluruh  tubuh manusia. Cholesterol amat perlu bagi tubuh akan tetapi bukan semua  cholesterol dibutuhkan oleh manusia. Sekarang kita tinjau jenis-jenis cholesterol. Meskipun cholesterol terdiri dari  beberapa macam, akan tetapi kita bicarakan saja yang  penting yakni :

a. High Density Lippoprotein  (H D L) dan
b. Low Density Lippoprotein   (L D L)

Baik a. HDL  maupun b. LDL diperlukan oleh tubuh kita,  karenanya system  tubuh kita membuat dan memproduksi cholesterol. Meskipun banyak orang mengenal sebutan cholesterol  baik untuk a. HDL dan jahat untuk b. LDL, sebenarnya  bukanlah secara ekstrim sifat baik dan jahat seperti kita artikan sehari-hari.  Cholesterol ini baru baik dan jahat kalau kadar jumlahnya  terlalu lebih dari ukuran.  Lebih inipun bisa lebih plus  berarti kebanyakan dan lebih minus berarti kekurangan.  
Berlakulah hukum alam yang mengatakan bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu belum tentu baik akibatnya.   Selain yang dibuat oleh tubuh sendiri, cholesterol juga terdapat di berbagai makanan yang dikonsumsi oleh tubuh.  

Kalau penambahan yang didapat dari makanan hewani tadi mencapai jumlah tertentu maka akan mengganggu kadar  yang keseimbangannya sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh. Penyeimbangan kadar ini dapat dilakukan dengan :

•    Upaya sendiri seperti diet dan olahraga yang berarti pembakaran cholesterol yang berlebihan
•    Bantuan dari luar berupa pengobatan

Meskipun LDL dinyatakan jahat, akan tetapi tanpa LDL maka HDL tidak dapat menjalankan fungsinya. Adapun fungsi penting dari HDL adalah (“mengusung sekitar sepertiga sampai seperempat dari cholesterol dalam darah)  membawanya dari arteri kembali ke hati yang akan memprosesnya (“membakar”nya) menjadi barang buangan sehingga tidak membahayakan tubuh. Pengumpamaan fungsi LDL adalah seperti truk pengangkut HDL dan zat-zat lain yang memberi “makan” sel-sel dalam tubuh. HDL dapat membantu mengurangi pembentukan plak (plaque). Plak ini terjadi akibat terlalu banyaknya (plus) kadar  LDL didalam darah, yang dengan bantuan zat-zat lain terbentuk dan menempel di dinding pembuluh darah.

Dokter terbaik bagi anda adalah anda sendiri yang  waspada dan bijaksana mengawasi diri sendiri (A.A.)

Plak adalah sebuah deposit (gumpalan) yang keras,  yang dapat bersamaan dengan clot (thrombus/bekuan) lain didekatnya mengeras dan menghambat kelancaran aliran darah di arteri-arteri.

Keadaan seperti ini disebut atherisclerosis  Kalau pembentukan plak ini menjadi banyak dan membesar, dinding pembuluh darah penuh dengan plak dan ditempat-tempat tertentu bahkan akan bisa menyumbat pembuluh darah. Tingkat tingginya LDL yang 160 mg/dL menggambarkan meningkatnya risiko kelainan jantung. Apabila anda menderita kelainan jantung maka sebaiknya tingkat LDL anda harus kurang dari 100 mg/dL. Beberapa orang ahli juga percaya bahwa tingkat HDL yang tinggi akan membantu menghilangkan cholesterol yang berlebihan didalam plak dan mengurangi pertumbuhannya. Sebaliknya tingkat HDL yang rendah ( kurang dari 50 mg/dL  bagi wanita dan kurang dari 40 mg/dL bagi pria) menggambarkan risiko yang lebih besar. Tingkat HDL yang rendah juga bisa menimbulkan risiko keadaan stroke .

Apabila pembuluh darah yang keotak yang tersumbat maka pasok darah keotak akan berkurang atau berhenti dan menyebabkan kerusakan sel-sel otak. Juga sebaliknya akan mungkin terjadi adalah karena tersumbatnya aliran darah ke otak, akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang ada didalam otak. Darah akan mengaliri dan menggenangi sel-sel otak sehingga mengalami kerusakan  yang mematikan sel-sel otak.
Keadaan seperti ini disebut stroke.

Stroke itu bukan sebuah penyakit akan tetapi sebuah keadaan tertentu pada waktu sel-sel otak mengalami kerusakan dan tidak dapat memerintahkan tubuh untuk melakukan tugas-tugasnya.
Contohnya: perintah untuk menggerakkan otot dan alat motorik lainnya menjadi gagal dan menyebabkan lumpuh dikaki dan ditangan atau di seluruh tubuh bagian kanan atau bagian kiri. Tidak sedikit orang yang menyebut istilah yang kurang tepat, yakni: penyakit stroke. Penyakit yang menyebabkan stroke itu memang benar-benar ada yakni misalnya  tekanan darah tinggi, cholesterol dan lain-lain. Karena itu tepat sekali kalau kita memberi arti keadan stroke dengan menggunakan kata-kata: muara dari penyakit-penyakit. Apabila penyumbatan aliran darah terjadi di pembuluh darah yang menuju jantung maka besar kemungkinan jantung tidak berfungsi dengan sempurna atau berhenti berfungsi sama sekali (mati suri).
Mati suri sekarang lebih sesuai dikatakan terhadap orang yang tidak berfungsi jantungnya, karena meninggal dunia total adalah apabila otak kecil berhenti berfungsi. Bila otak kecil tidak bekerja berarti otak tidak bisa memerintahkan jantung untuk berfungsi (berdenyut): dengan keadaan seperti inilah seseorang dapat dianggap  secara resmi meninggal dunia.  
Karena itu kalau ditanyakan dimana sebenarnya letak nyawa manusia didalam tubuh kita? Jawaban yang sesuai adalah bahwasanya nyawa duduk diatas kursi yang dinamakan otak kecil; kalau dia berdiri dari kursinya maka orang akan resmi meninggal dunia.
Itulah istilah yang sesuai untuk definisi orang meninggal dunia, bukan hanya kalau jantungnya saja yang berhenti berfungsi.
Mati suri bukan hal baru karena banyak buku yang  mendiskusikan masalah ini antara lain buku tebal yang  berjudul Life After Death. Banyak cerita didalamnya hasil  dari pendataan orang yang bangkit hidup kembali setelah  beberapa saat dia dinyatakan meninggal dunia. Seorang  saksi yang telah mengalami mati suri disebut dlam buku  tersebut dengan mengatakan sebagai berikut. Dia merasa  melayang dan keluar dari jasadnya, melihat jasadnya  sendiri tergeletak diatas tempat tidur, kemudian dia  dalam keadaan melayang menjelajahi kamar tempat   jasadnya tadi dan pergi kelorong-lorong di rumah skit dan  berpapasan dengan perawat dan dokter yang tentu saja  tidak dapat melihat dirinya. Entah oleh sebab apa dia  melayang kembali menuju kamarnya dan masuk kembali  kedalam badannya. Maka dia seperti masuk kedalam baju yakni jasadnya tadi, dan hidup kembali.
Marilah kita tinjau sekarang apa yang disebut cholesterol karena keluarga. Ini dapat ditengarai dari seseorang yang mengalami ketidak-normalan tingkat kadar cholesterolnya. Dengan upaya pengobatan apapun dan olah raga serta pen-stabil-an  mental dan lain-lain pengobatan alternatip, masih juga tidak mendatangkan hasil…. Dari data-data statistik amat banyak fakta yang menunjukkan bahwa orang tuanya, ayah dan ibu atau kakek dan neneknya dulu mempunyai pola makan yang penuh mengandung risiko yang menjadi penyebab.
Kondisi cholesterolnya mencapai kadar yang tidak  seimbang (balanced).  Inilah yang mungkin disebut dengan istilah faktor keturunan. Ungkapan dalam bahasa Inggris mengenai sifat menurun dari orang tua juga sering disebut dengan : It is in the blood of the family !! Meskipun demikian halnya bagi yang mengidap cholesterol yang sulit diturunkan kadarnya kearah keseimbangan yang baik, janganlah terlalu cepat untuk menyalahkan diri sendiri dan berputus asa. Ingatlah ungkapan tadi, bahwa kondisi cholesterol yang dimilikinya adalah sudah ada didalam darah asalnya sejak dia lahir didunia. Tetaplah  menjalankan diet yang sehat, berolahraga atau apapun yang menyebabkan stress bisa berkurang atau tidak terjadi. Bukankah anda memang memang tidak bersalah seperti halnya hukum karma. Bagaimana mungkin seorang bayi yang baru lahir sudah ditakdirkan akan menanggung karma yakni kesalahan yang tidak diperbuatnya, tetapi diperbuat oleh orang tuanya ?

My success and my strength lies solely in my tenacity

Dapat sedikit kita simpulkan secara sederhana:
Kalau anda memiliki tingkat LDL yang tinggi maka:
1.    anda mempunyai risiko yang tinggi juga , apabila: HDL anda amat rendah, ada penyakit gula, kegemukan berlebihan dan tekanan darah tinggi, kurang aktip berolah raga, ada sejarah penyakit dalam keluarga, telah berumur lebih 45 tahun untuk laki-laki dan lebih dari 55 tahun untuk perempuan.
2.    apa yang harus anda perbuat ? Pergilah berkonsultasi dengan dokter dan berusahalah untuk mencari  tahu berapa sebenarnya LDL dalam darah anda.
Memang olahraga dan diet akan menolong, akan tetapi kalau tidak dapat menolong maka dokter biasanya akan memberikan bantuan dengan pengobatan atau upaya lain. Ada yang telah melakukan penggatian darah atau upaya lainnya dibawah pengawasan dokter.
Terlalu tegang dan keras hati hanya karena memikirkan cholesterol saja juga akan menimbulkan stress baru; harap diingat bahwa stress yang berlebihan akan menimbulkan sebuah penyakit baru yang lain.

Anwari Arnowo

22:44:17
—ooo000ooo—

The man who insists upon seeing with perfect clearness before he decides,  n e v e r   d e c i d e s

Seseorang yang bersikeras untuk membuat semuanya jelas dulu sebelum membuat keputusan,
t i d a k   a k a n   p e r n a h   m e n g a m b i l  k e p u t u s a n   s a m a   s e k a l i

Penulis telah berusaha untuk menerangkan sesuai kemampuannya dalam bahasa yang  sederhana yang dipunyainya dan yang dipunyai oleh masyarakat pembaca awam dan bukan ahli medis atau ahli biologi.  Mengingat kemampuan yang terbatas tersebut sampai dengan tanggal ini, maka segala sesuatu yang tidak sesuai dengan tulisan diatas, mengingat juga kemajuan ilnu pengetahuan yang mungkin akan terjadi  sesudah tanggal ini, maka tulisan ini  terbuka  untuk perbaikan.